Return to site

Cara Membasmi Gulma Yang Mudah Untuk Anda Lakukan

Solusi Cepat Mengatasi Gulma

Jangan sampai anda keliru inilah Cara Membasmi Gulma yang bisa coba anda lakukan supaya pertaniaan yang anda jalankan tidak merugi karena gulma.

Gulma ialah tumbuhan yang kehadiran nya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena akan mengakibatkan menurunnya hasil yang di capai oleh penanam atau petani.

Adanya gulma dapat menurunkan hasil karena dapat mengganggu pertumbuhan produksi, terhambat nya pertumbuhan sehingga produksi lebih lama, penurunan kuantitas dan kualitas produk tanaman.

rekomendasi PHEFOC (Pestisida Herbisida Fungisida Organik Cair) >> KLIK DISINI

Gulma berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif secara generatif dengan biji dengan karakteristik biji yang halus, ringan dan jumlah banyak yang dapat di sebar oleh angin , air, hewan dan manusia.

Sedangkan secara vegetatif adalah dengan bagian batang yang berada di dalam tanah dan membentuk tunas dan selain itu bagian akar tanaman misal nya stolon, rhizoma dan umbi.

Macam macam gula seperti :

  • Teki-tekian
  • Rumput-rumputan
  • Gulma daun lebar
  • Gulma pakis pakisan

Gulma ialah tumbuhan yang tumbuh di area yang tidak dikehendaki tumbuh di area pertanaman atau pertanian. Gulma secara langsung maupun tidak langsung dapat merugikan tanaman budidaya.

Mengingat gula ini akan memberikan pengaruh pada tanaman yang di tanam jelas gula ini harus dibasmi. Mau tahu cara membasmi gula secara alami yang bia anda lakukan di rumah ?

Inilah Daftar Cara Membasmi Gulma Yang Bisa Anda Coba

  • Menggunakan garam

Salah satu cara yang di klaim dapat membantu membasmi gulma adalah garam ,garam yang biasa di gunakan untuk memasak ini diam diam sangat efektif untuk mematikan rumpu liar. Cara penggunaan nya pun cukup mudah yaitu dengan cara menaburkan nya di tempat tumbuh rumput liar tersebut.

 

Garam ini di klaim dapat menghisap kelembaban di rumput liar , tentunta hati hati jangn sampai mengenai tanaman yang di tanaman . Garam ini akan menghisap kelembaban pada rumput atau gula tersebut sehingga lama kelamaan gulma tersebut akan mengering dan mati.

  • Menggunakan air yang mendidih

Cara kedua lain yang di klaim dapat mengatasi pertumbuhan gula adalah dengan menggunakan air yang mendidih. Saat anda merebus mie instan atau merebus sayuran , air yang di hasilkan jangan di buang begitu saja tapi siramlah pada tempat di mana gulma biasanya tumbuh, biasanya rumput akan layu lalu mati. Tentunya hal ini sangat mudah untuk anda lakukan jadi tidak ada salah nya untuk anda mencoba tips yang satu ini.

  • Penggunaan sabun

Sabun tentunya sering kita gunakan , tapi tahukah anda selain dapat membersihkan kotoran pada piring , sabu ini juga dapat membasmi gulma.

Supaya memberikan hasil yang maksimal anda dapat mencampur nya dengan air cuka secukup nya , siapkan alat penyemprot lalu semprotkan pada rumput liar yang mengganggu. Rumput atau gula yang telah di semprotkan ramuan inio biasanya akan mengkilap , jadi anda dapat dengan mudah membedakan mana yang sudah semprot aman yang belum

  • Membasmi dengan membuat herbisida sendiri

Cara mudah yang patut anda coba untuk mengatasi keluhan gulma bia dengan cara membuat herbisida sendiri. Bahan bahan yang perlu di siapkan.

  • Bensi 1 liter
  • Solar 1 liter, Garam 1 liter , Pupuk Urea 1 kg dan sabun colek 1 kg

Pertama tama campurkan terlebih dahulu bensin. Solar dalam satu wadah, Lalu setelah itu campurkan garam, pupuk urea dan sabun colek wadah lain. Campurkan kedua cairan itu secara perlahan di wadah yang berisikan bensin dan solar tambahkan sedikit demi sedikit cairan garam , pupuk dan sabun jangan lupa aduk hingga tercampur rata semua nya.

Anda dapat menggunakan nya dengan cara menyemprotkan nya , siapakan air pada alat semprot nya dan tambahkan cairan herbisida yang telah di buat tadi dengan perbandingan air dan herbisida 2:1 . Semprotkan secara hati hati pada rumput yang telah tumbuh besar dan tua.

  • Penggunaan campuran air kelapa dan ragi tape

Cairan ini bedi klaim lebih ampuh dan cocok untuk gula yang tipe nya besar nya dan sulit untuk di basmi seperti ilalang. Bahan bahan yang perlu di siapkan :

2 liter air kelapa, 60 gram detergen , 25 butir ragi tape, 1, 5 kg pupuk urea dan 0,25 kg garam. Pertama tama masukkan dulu air kelapa pada ember atau wadah apa saja untuk mencampurkan semua bahan, masukkan ragi dan pupuk urea ke dalam air kelapa.

Aduk hingga merata dan menyatu , terakhir masukan garam dan detergen secara sedikit demi sedikit secara perlahan.

Jangan lupa aduk hingga semua tercampur, lalu masukan ke dalam tertempat tertutup seperti botol. simpan kurang lebih 12 jam.

  • Menggunakan belerang

Bagi anda yang dapat dengan mudah menemukan belerang , ada baik nya anda menggunakan bahan ini untuk membantu membasmi gulma.

Bahan bahan yang di perlukan , siapkan 4 liter , garam 2 kg , cuka 2 btl dan belerang 3 ons. Cara membuat nya rebus semua bahan kecuali cuka, aduk hingga merata , jika sudah mendidih angkat lalu masukan cuka nya dan masukan ke dalam jerigen atau botol ukuran besar , tunggu 12 jam supaya herbisida alami bekerja dengan maksimal untuk membasmi gula.

KLIK GAMBAR !! SOLUSI MUDAH UNTUK MEMBASMI GULMA

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly