Return to site

Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Solusi membasmi wereng pada padi

AWAS Salah !! Inilah Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi yang bisa anda lakukan. Semua informasi yang anda butuhkan akan tersaji lengkap di situs kami.

Selamat datang di situs seputar tanaman yang mana untuk kesempatan kali ini akan memberikan informasi bagaimana cara membasmi hama wereng yang menyerang padi.

Semua orang tentunya tahu akan tanaman padi ini yang mana tanaman ini merupakan asal mula dari beras. Beras sendiri adalah makanan pokok orang Indonesia, dan mencukupi kebutuhan karbohidrat.

Sehingga beras atau nasi menjadi salah satu kebutuhan utama dan wajib untuk di penuhi , ketercukupan dan keberhasilan budidaya tanaman padi menjadi salah satu penentu akan terpenuhi nya kebutuhan beras atau nasi.

Tentunya supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan ketika panen tanaman padi harus di rawat dengan baik dan benar.

Di bawah ini beberapa persiapan yang harus di perhatikan dalam membudidayakan padi :

  • Persiapan media tanam

Media tanam untuk menanam pada haruslan disiapkan di sarankan minimal 2 minggu sebelum penanaman , persiapan yang di lakukan adalah dengan mengolah tanah sebagai media tanam.

Tanah harus di pastikan bebas dari gulma dan rumput liar , jangan sampai pertumbuhan pada terganggu karena berbagi nutrisi dengan air dan rumpur rumput liar.

Jika media tanam nya sudah bebas dari tanaman liar basahi tanah dengan air lalu lakukan pembajakan, hal ini di lakukan untuk mempersiapkan tanah supaya lunak dan gembur sehingga cocok untuk penanaman.

  • Pemilihan bibit

Bibit untuk padi juga harus , melalui pengujian terlebih dahulu untuk menentukan kualitas nya , pengujian ini bisa di lakukan dengan merendam sekitar 100 butir benih padi ke dalam air.

Setelah dua jam periksalah benih tersebut , cara menanam benih padi yaitu dengan pemeriksaan benih yang di lakukan dengan mengindentifikasi perubahan pada benih. Jika terdapat 90 butir benih atau lebih mengeluarkan kecambah mak iru artinya benih berkualitas unggul dan bermutu tinggi inilah yang bisa anda budidayakan.

Akan tetapi sebalik nya jika tidak menunjukan tanda seperti yang di sebutkan , tidak di sarankan untuk di budidayakan. Jika sudah di tentukan benih yang akan jadi bibit maka segera lakukan persemaian segera.

  • Persemaian

Biasanya persemaian di lakukan setelah menentukan bibit yang unggu, bibit unggul tersebut kemudian di semai di wadah persemaian.

Wadah persemaian terlebih dahulu harus di siapkan, kebutuhan wadah semai di berikan dalam perbandingan 1:20 contoh penggunaan lahan sawah sebesar 1 hektar maka wadah persemaian nya sekitar 500 m2.

Lahan pada wadah persemaian harus lah berair dan juga berlumpur, berikan pupuk urea dan pupuk TSP pada lahan persemaian dengan dosis masing masing 10 gr 1 per m2. Jika lahan persemaian sudah siap sebarkan benih yang telah berkecambah dengan merata.

  • Penanaman

Proses penanaman di lakukan setelah benih pada proses persemaian telah tumbuh daun yang sempurna. Sebanyak 3 hingga 4 helai.

Jangka waktu dari persemaian ke bibit siap tanam umum nya 12 hingga 14 hari saja, jika sudah siap tanam pindahkan bibit dari lahan semai ke lahan tanam, di lakukan dengan hati hati jangan sampai tanaman rusak.

Satu lubang dapat di tanaman dengan dua bibit sekaligus, penanaman di lakukan dengan memasukan bagian akar membentuk huruf L supaya akar dapat tumbuh dengan sempurna.

  • Perawatan lahan

Perawatan lahan bisa di lakukan tiga hal yaitu penyiangan, pengarian dan pemupukan

  • Pencegahan hama dan penyakit

Tentunya hal ini harus di lakukan guna mencegah serangan hama biasnaya dengan pemberian pestisida.

  • Pemanenan

Panen di lakukan dengan tanda tanda padi yang sudah menguning dan merunduk

Itulah beberapa cara menanam padi yang baik , yang bisa anda lakukan supaya bisa mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Tentunya bukan hal yang mudah untuk menanam padi ini, salah satu hal yang harus di waspadai saat menanam padi ini adalah serangan hama.

Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi -Hama yang umum nya menyerang tanaman padi ini adalah hama wereng, jika serangan hama ini di biarkan atau tidak di lakukan pencegahan maka bisa mempengaruhi hasil ketika panen atau bahkan bisa saja gagal panen.

KLIK DISINI >> Anda akan menemukan Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly