Return to site

Cara Mencegah Dan Memberantas Hama Wereng YANG BISA ANDA LAKUKAN

cara tepat mencegah dan membasmi hama wereng

Cara Mencegah Dan Memberantas Hama Wereng YANG BISA ANDA LAKUKAN

Cara Mencegah Dan Memberantas Hama Wereng - Serangan hama tentunya menjadi salah satu kendala atau terkadang masalah yang besar bagi seorang penanam atau petani karena bisa saja karena serangan hama ini bisa mengakibatkan gagal panen.

Gagal panen tentunya menjadi hal yang tidak di inginkan bagi seorang penanam atau petani. Mencegah terjadinya serangan hama tentunya sebagai penanam akan melakukan berbagai cara.

Salah satu jenis hama yang umum dan bisa menjadi penyebab seorang petani mengalami gagal panen , adalah serangan hama wereng.

Wereng jenis hama yang sering menyerang tanaman padi yang mana biasanya mengakibatkan daun dan juga bagian batang tumbuhan menjadi berlubang lubang.

Bagian daun dan bagian batang yang di serang oleh wereng ini umum nya akan mengering dan bahkan pada akhirnya akan mati .

Ada cara yang di klaim bisa mencegah serangan hama wereng dengan metode :

Melakukan pola pengaturan tanaman, anda dapat melakukan penanaman secara serentak atau dengan cara pergiliran tanaman. Pergiliran tanaman ini di lakukan untuk memutus siklus hidup wereng.

Untuk melakukan pergiliran tanaman anda dapat menanam palawija dan bisa juga untuk membiarkan tanah tidak di tanami apapun selama 1 hingga 2 bulan.

Cara mencegah serangan hama wereng yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan musuh lami wereng seperti laba-laba, kepik dan juga kumbang

Dapat menggunakan insektisida , untuk metode ini sebaik nya di gunakan setelah metode yang lain nya sudah tidak mampu di lakukan.

Di bawah ini beberapa faktor yang dapat menjadikan perkembangan populasi hama wereng

  • Tersedia nya padi sepanjang tahun
  • Jarak tanam yang rapat untuk varietas padi yang memiliki anakan banyak sehingga tercipta iklim mikro yang sesuai perkembangan populasi nya
  • Pemakaian varietas yang memiliki hasil yang tinggi akan tetapi rentan terhadap hama wereng
  • Keadaan suhu lingkungan 18-30 derajat
  • Kelembaban relatif antara 70-85 %

Itulah beberapa faktor yang dapat menjadikan perkembangan populasi hama wereng, tentunya harus anda waspadai.

Lalu bagaimana cara memberantas serangan hama wereng??

Tentunya bagi anda para petani atau penanam jika tanaman anda terserang hama wereng maka jangan terus di biarkan . Segera lakukan untuk memberantas nya.

Cara memberantas hama wereng dengan penggunaan pestisida

Cara membasmi hama wereng yang paling umum di pakai adalah dengan penggunaan pestisida. Jenis pestisida yang dapat di gunakan untuk membasmi hama wereng biasanya dapat di temui di toko toko pertaniaan.

Membasmi hama wereng dengan menggunakan pestisida alami

Harus anda ketahui jika serangan hama wereng ini , bisa di bantu cara memberantas nya dengan mengandalkan bahan bahan alami seperti

Daun sirsak , rimpang jeringau dan juga bawang putih di tumbuk hingga halus , lalu semua bahan tersebut di campurkan dengan sabun colek,setelah tercampur rata, lalu rendam campuran tersebut dalam air 20 liter selama dua hari

Setelah dua hari selanjutnya larutan tersebut di saring dengan kaih halus untuk di aplikasikan , cara penggunaan nya yaitu 1 liter air saringan di encerkan lagi dengan 15 liter air dan bisa di semprotkan merata pada bagian bawah tanaman padi.

Jika saat ini tanaman padi anda sedang terserangan hama wereng bisa ini dia Cara Membasmi Wereng Pada Padi

KINI TELAH HADIR PHEFOC HCS !! PRODUK PERTANIAAN UNTUK MEMBASMI SERANGAN HAMA YANG MERUGIKAN !! EKONOMIS DAN PRAKTIS

KLIK GAMBAR !! UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAP

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly