Return to site

Cara Mengatasi Penyakit Hortikultura | TIPS DAN TRIK

jual phefoc hcs, obat hama ampuh, obat hama tanaman hortikultura

Cara Mengatasi Penyakit Hortikultura | TIPS DAN TRIK

INILAH YANG SEBENARNYA Cara Mengatasi Penyakit Hortikultura sangat mudah untuk di aplikasikan dapat anda andalkan.

broken image

Hortikultura sendiri adalah bahasa latin yang mana dapat di artikan sebagai budidaya tanaman kebun lalu hortikultura di pakai secara luas bukan hanya untuk budidaya di kebun. Istilah hortikultura di pakai pada jenis tanaman yang di budidayakan.

Tanaman hortikultura tentunya tidak lepas dari hama, hama sendiri ialah organisme yang keberadaan nya tidak di inginkan, organisme yang di anggap merugikan baik secara fisik dan juga ekonomis.

Akan tetapi jika di simpulkan hama itu adalah jenis hewan yang mengakibatkan kerugian dalam produksi pertanian.

Di bawah ini beberapa jenis hama yang bisa menyerang tanaman hortikultura

broken image

Ulat tanah

Ulat tanah berwarna hitam ke abu abuan , menyerang tanaman yang baru pindah tanam dengan cara memakan batang yang paling utama adalah batang dan titik tumbuhnya, sangat aktif merusak tanaman ketika malam hari.

Gejala serangan yang mana umum nya di tandai dengan adanya tanaman muda yang patah pada tanaman atau tangkai daun nya terpotong.

Tanaman yang biasanya di serangan oleh jenis tanaman ini , jagung, timun, melon, tomat , cabai , kubis dan kacang panjang.

Uret ( holotrichia sp )

Uret ialah istilah bagi larva kumbang coklat, uret berwarna putih dengan tubuh melengkung dan kepala putih kemerahan.

Gejala serangan , sama hal nya dengan ulat tanah , serangan uret ini di tandai dengan adanya tanaman mudah yang pangkal batangnya terpotong karena di makan oleh uret.Jenis tanaman yang mudah di serang seperti padi, jagung , tomat dan kentang.

Kumbang oteng oteng

Jenis hama ini menyerang di bagian atas dan bawah daun yaitu dengan cara memakan bagian daun tersebut.

Gejala serangan umum nya di tandai dengan daun tanaman yang nampak berlubang lubang. Tanaman yang bisa terserang hama ini adalah gambas, pare, semangka, timun, melon, bayam, kacang panjang , kangkung, kentang dan tomat.

Trips ( Thrips sp)

Trips ialah hama yang memiliki peran sebagai vektor penyebaran virus , berukuran kira kira 1 mm. Hama trips menyerang bagian bunga dan daun tanaman. Trips di kenal sebagai vektor virus mozaik atau penyakit keriting.

Gejala serangan dari tanaman yang terserang hama ini yaitu akan mengering dan rontok sedangkan jika daun yang di serang maka daun akan kering ke atas , daun menguning menggulung ke atas karena pertumbuhan kerdil . Pada bagian bawah daun berwarna keperak-perakan.

broken image

Kutu Daun

Ada dua jenis kutu daun yang dapat menyerang tanaman hortikultura yaitu kutu daun persik yang bewarna kuning, kuning kemerahan dan kutu daun kapas yang mana berwarna hijau gelap dan hitam.

Memiliki ukuran 1-2 mm, hama ini juga sebagai vektor virus antara lain vektor virus mozaik atau penyakit keriting.

Gejala jika tanaman terserang hama ini adalah pucuk daun menjadi keriput, keriting dan menggulung , jika serangan nya berat maka akan mengakibatkan pertumbuhan nya terhambat, layu atau bahkan mati.

Itulah beberapa hama yang bisa menyerang jenis tanaman hortikultura, tentunya serangan hama tersebut harus segera di basmi.

Dalam pembasmian hama tersebut tentunya di sarnakan dengan cara yang aman, salah satu cara yang di rekomendasikan adalah menggunakan pestisida alami.

Di bawah ini beberapa bahan alami yang di percaya dapat membantu mengatasi penyakit hortikultura

Resep pertama

Siapkan bawang putih 1 kg, kunyit 1 kg , labu siam 2 kg. Untuk cara pembuatan campurkan semua bahan tadi lalu blender hingga halus, rebus dengan 5 liter air lalu sisakan kurang lebih 2 liter , saring dan simpan air hasil rebusan ini.

Cara pakai, tiap 100-200 cc di larutkan dengan air 1 tangki atau 14 liter , semprotkan pada tanaman yang terserang hama , anda dapat menambahkan pelekat 1-2 butir putih telur per tangki.

Resep kedua

Bahan yang di siapkan bawang putih 4 ons, kunyit 4 ons. Untuk proses pembuatan nya campur bahan dan haluskan dengan menggunakan blender. Rebus dengan 5 lirer air lalu sisakan 2 liter , saring larutan lalu simpan pada wadah.

Anda dapat melarutkan tiap 20-40 cc per tangki sekitar 14 liter lalu semprotkan pada tanaman yang terserang jamur.

MAU CARA YANG LEBIH PRAKTIS LAGI ?? KINI TELAH HADIR PHEFOC HCS

broken image

KLIK GAMBAR UNTUK INFORMASI LENGKAP NYA